by

Walikota Secara Virtual Bahas Dana PEN Dengan Kementerian Keuangan RI

POSTKOTA.CO.ID – Walikota Tomohon menghadiri rapat pembahasan permohonan perpanjangan masa penarikan pinjaman Pen pemerintah Kota Tomohon secara virtual zoom meeting, yang bertempat di command center MPP wale kabasaran, Senin, 14 maret 2022

Dalam sambutanya, walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH. menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pt. Sarana multi infrastruktur dan direktorat jenderal perimbangan keuangan kementerian keuangan Republik Indonesia yang sudah memfasilitasi pertemuan hari ini dalam rangka membahas permohonan perpanjangan masa penarikan pinjaman pen pemerintah kota Tomohon yang sesuai perjanjian pinjaman akan berakhir pada 31 maret 2022.

Walikota menyampaikan beberapa kendala-kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana pinjaman pen sehingga tidak terpenuhinya masa penarikan pinjaman pen sampai dengan 31 maret 2022 diantaranya karena pandemi covid-19 yang masih berkelanjutan.
Kegiatan penyelenggaraan jalan :
terdiri atas 13 paket pekerjaan jalan yang dilaksanakan dengan kontrak tahun tunggal sehingga pembayaran di tahun 2022 melalui mekanisme perubahan peraturan walikota tentang penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah kota tomohon tahun anggaran 2022 yang prosesnya baru selesai pada bulan maret 2022;
keadaan cuaca (curah hujan yang tinggi) di akhir tahun turut mempengaruhi keterlambatan penyelesaian pekerjaan, penetapan pelaksanaan kontrak tahun jamak dengan mempertimbangkan jangka waktu pelaksanaan dan kondisi cuaca yang sudah direview oleh inspektorat, pelaksanaan tender dilaksanakan pada bulan November dan Desember. Pelaksanaan pekerjaan dimulai pada bulan desember 2021 dan januari 2022, pelaksanaan pekerjaan yang selesai pada akhir april, bulan mei dan awal bulan juni sesuai dengan jangka waktu pelaksanaan kontrak yang tertuang dalam perjanjian kontrak.

Seiring berjalannya waktu proses asistensi dan pembahasan kak, maka ketika ditandatanganinya pks hanya tersisa total waktu pelaksanaan selama 4 bulan di tahun anggaran 2021. secara logika teknis pekerjaan jangka waktu 4 (empat) bulan tidaklah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. oleh karena itu, jenis kontrak yang awalnya adalah kontrak tahun tunggal 2021 dirubah menjadi kontrak tahun jamak tahun 2021 dan 2022.
untuk kegiatan pengelolaan destinasi pariwisata :
pada awal penyusunan kerangka acuan kerja (kak), perhitungan jangka waktu pekerjaan pengelolaan destinasi pariwisata adalah 5 (lima) bulan ditambah dengan 1 (satu) bulan pelaksanaan tender.

Seiring berjalannya waktu setelah proses pelaksanaan tender pada bulan desember 2021 maka pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan pada bulan januari 2022.Dalam pelaksanaan pekerjaan juga terkendala dengan cuaca ekstrim.

Turut hadir juga dalam rapat tersebut Direktur PT. SMI Faris Pranawa, kepala devisi pembiayaan PT. SMI Erdian bersama tim, direktorat jendral perimbangan keuangan Dudy Hermawan bersama tim, Anggota DPRD Kota Tomohon Noldy Lengkong dan kepala badan pengelolaan keuangan dan pendapatan daerah kota tomohon Drs. Gerardus Mogi, MAP, Kepala Dinas Pariwisata Masna J M Pioh S. Sos,

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed