by

Kagumi Karya Mendur,Kadis Tumbelaka Datangi Tugu Pers 

Minahasa-postkota.co.id —Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Steady Tumbelaka, Jumat (18/2/2022) pagi saat mengunjungi aset Parawisata dan Budaya  Tugu Pers Mendur Kawangkoan .

Dalam kunjungannya, Stady mengungkapkan kekagumannya secara pribadi terhadap hasil karya yang di pajang di bangunan kayu yang ditopang dengan tiang kayu berukuran besar yang nyaris membusuk seluruhnya.

Steady Tumbelaka Saat bersua di Rumah Makan Tulen,Kelurahan Sumalangka Tondano Utara, kepada wartawan mengatakan bahwa kehadirannya bersama beberapa kepala bidang dan staf ditempat itu bukan mengatasnamakan pribadi, melainkan atas nama Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey.

Diketahui  Galeri Foto Tugu Pers Mendur Kawangkoan ternyata menyimpan foto/gambar masa kecil Megawati Sukarnoputri.

Foto tersebut merupakan karya dari fotografer Alex Mendur dan Frans Mendur yang sering menjadi teman ngobrol Presiden RI Ir Soekarno di Istana Kepresidenan.

Meski hanya dalam bentuk fotocopy, namun gambar tersebut tidak mengurangi nilai sejarah dari momentum tersebut.

“Menurut saya dokumen foto-foto itu memiliki nilai sejarah yang tinggi. Maka dari itu, Pemkab Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa akan memperhatikannya,” ujar Tumbelaka Tumbelaka.

Terkait dengan keberadaan duplikat foto masa kecil Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Sukarnoputri dalam bentuk fotocopy, menurut Steady Tumbelaka itu sangat luar biasa dan istimewa.

Tidak pernah disangka jika bangunan galeri foto yang sangat sederhana ini menyimpan foto masa kecil beliau. Jika teman-teman wartawan mempublikasikan foto ini, barangkali suatu saat nanti Megawati Sukarnoputri bisa berkunjung ke tempat ini,” kata Tumbelaka.

Namun untuk jangka pendek, Tumbelaka mengungkapkan perlu diperhatikan kondisi struktur bangunan tersebut yang beberapa bagiannya sudah perlu diperbaiki, setidaknya untuk sementara waktu.

Ini semua membutuhkan kontribusi bersama. Pemerintah dengan tugas dan kewenangan yang dimiliki akan berusaha semaksimal mungkin memperhatikan hal-hal yang seperti ini. Namun disisi lain, masyarakat juga perlu melakukan tugas dan perannya masing-masing,” jelas Tumbelaka

Penjelasan  foto masa kecil Megawati Sukarnoputri itu diperkuat oleh pernyataan cucu Frans Mendur yaitu Piere Mendur yang kesehariannya menjaga lokasi tersebut.

“Semua foto-foto yang ada disini adalah hasil karya jepretan dari Alex Mendur dan Frans Mendur, termasuk masa kecil Megawati Sukarnoputri, Presiden Sukarno yang lagi tidur dan masih banyak lagi,” ungkap Piere Mendur.

Terkait kunjungan Disbudpar Minahasa, Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur menyampaikan terima kasih, karena hal itu dinilainya sebagai bentuk perhatian dari Pemkab Minahasa.

“Tentu jika Tugu Pers Mendur ini terangkat ke publik, maka ini tidak hanya membanggakan warga Kawangkoan semata, namun juga Minahasa dan Sulawesi Utara. Semoga perhatian pemerintah ini dapat lebih mengembangkan objek-objek wisata potensial di Minahasa, tak terkecuali di Kecamatan Kawangkoan Utara,” kata Fabian Mendur saat mendampingi Kadisbudpar Minahasa Steady Tumbelaka.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Sekretaris Disbudpar Minahasa Conny Muntu, Kabid Pemasaran dan Promosi Melisa Rondonuwu, Kabid Kebudayaan Youlanda Kawatu serta sejumlah jajaran Disbudpar Minahasa.(Udin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed