by

WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA APEL PERDANA PEMERINTAHAN KOTA TOMOHON

POSTKOTA.CO.ID – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Apel Perdana Pemerintah Kota Tomohon tahun 2022 dilaksanakan di GOR Babe Palar Tomohon, Senin 3 Januari 2021

Walikota Tomohon dalam sambutan mengatakan ,bahwa dalam rangka mempercepat pencapaian target-target kinerja di semua sektor maka pemerintah kota tomohon mencanangkan tahun 2022 sebagai tahun kinerja, disiplin dan pengembangan kompetensi. kepada semua ASN agar menaruh perhatian yang besar terhadap ketiga hal ini. karena akan menjadi bahan pertimbangan untuk pemenuhan hak pengembangan kompetensi bagi setiap ASN.

Walaupun masih dalam pandemi covid-19, tetapi tidak menyurutkan capaian prestasi yang diraih kota tomohon tahun 2021 lalu, antara lain penghargaan opni WTP dalam pengelolaan keuangan, penghargaan kota sehat, penghargaan kota cerdas, penghargaan BPJS, penghargaan kota layak anak, penghargaan BKN award tingkat regional, BKN award tingkat nasional dalam hal pengendalian dan pengawasan, penghargaan tomohon kota toleransi di indonesia serta capaian sukses lainnya.

Kami merasa bangga dan berterima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah kota tomohon yang telah bekerja keras. sehingga memperoleh banyak penghargaan di awal kepemimpinan kami CSWL. kami sangat senang atas capaian prestasi ini, namun tak berpuas diri, melainkan apa yang telah kita raih di tahun 2021, dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun 2022 bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya. serta harus dijadikan motivasi kedepan untuk memperoleh capaian yang lebih progresif dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat umum yang selaras dengan tujuan pembangunan.

Setiap ASN berkewajiban untuk melaksanakan tugas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. tahun baru semangat baru dalam pencapaian kinerja. tahun 2022 akan penuh tantangan sehingga asn harus proaktif menyikapi perubahan, termasuk pengunaan teknologi informasi dan komunikasi menuju transformasi digital pemerintahan.

Pelayanan optimal di masa pandemi tidak lain adalah penerapan protokol kesehatan ketat, baik bagi masyarakat maupun pemberi layanan. oleh karena itu para ASN dan tenaga kontrak diharapkan untuk tetap menjadi contoh dan teladan dalam penerapan protokol kesehatan. mari kita wujudkan semangat dan motivasi baru di tahun baru dalam pelayanan publik dan kinerja pemerintah yang penuh inovasi, responsif dan produktif.

Kami mengingatkan bahwa dalam situasi yang sulit pun, ASN harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. tentunya kesiapan kita dalam bekerja dan mengabdi tidak boleh padam dan jangan sampai ada kekosongan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Di tahun 2022 ini ada beberapa agenda penting yang harus dilaksanakan pemerintah kota tomohon seperti dalam administrasi kepegawaian yaitu penerapan merit sistem, berdasarkan disiplin kinerja, pengembangan kompetensi PNS. Melalui penerapan sistem merit, setiap PNS yang diangkat atau ditempatkan dalam jabatan, baik jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator dan jabatan pengawas akan ditempatkan berdasarkan standar kompetensi jabatan sesuai pp 17 tahun 2020 tentang manajemen pegawai negeri sipil.

Dengan penerapan merit sistem, mendorong setiap PNS untuk dapat meningkatkan kinerja, disiplin dan tetap memperhatikan nilai, norma, dan etika yang berlaku.

pada tahun 2022 pembayaran TPP akan didasarkan pada peraturan walikota nomor 28 tahun 2021 tentang tambahan penghasilan pegawai berbasis kinerja bagi aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah kota tomohon, yang terbagi atas 60% komponen kinerja dan 40% komponen disiplin. hal ini dimaksudkan agar setiap PNS berusaha semakin giat bekerja meningkatkan kinerjanya serta tetap berdisiplin untuk mewujudkan visi misi walikota dan wakil walikota tomohon, melalui target-target kinerja yang sudah ditetapkan oleh pemerintah kota di setiap perangkat daerah.

Terkait dengan hal tersebut maka untuk penyusunan sasaran kinerja pegawai (SKP), sudah harus menggunakan SKP sebagaimana yang diatur dalam pp 30 tahun 2019 tentang penilaian kinerja PNS yang secara rinci telah dijelaskan dalam peraturan Menpan-RB tahun 2021 tentang sistem manajemen kinerja pegawai negeri sipil.

Selanjutnya jumlah PNS yang menerima penghargaan satya lencana karya satya selama tahun 2021 dengan masa pengabdian sebagai PNS selama 30, 20 dan 10 tahun sebanyak 144 orang. 35 penghargaan sudah diserahkan di tahun 2021 dan 109 penghargaan lainnya akan diserahkan pada beberapa momen upacara di tahun 2022. jumlah kasus pelanggaran disiplin yang terjadi selama tahun 2021 sebanyak: 94 kasus dan hukuman disiplin berat berupa pemberhentian dengan hormat sebagai ASN 2 orang.

Peraturan tentang disiplin PNS dalam PP nomor 94 tahun 2021 menegaskan bahwa ASN yang tidak masuk kerja sebanyak 3 hari dikenakan hukuman disiplin ringan, sedangkan ASN yang tidak masuk kerja selama 28 hari atau 10 hari berturut-turut dikenakan hukuman disiplin berat berupa pemberhentian. begitu juga tahun ini akan diimplementasikan peraturan walikota nomor 20 tahun 2021 tentang kode etik dan kode perilaku aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah kota tomohon.

Awal tahun 2022 ini merupakan pelaporan LHKPN (laporan harta kekayaan penyelenggaran negara) tahun 2021,diharapkan kepada 115 wajib lapor LHKPN tahun 2021 agar melaporkan harta kekayaannya paling lambat tanggal 10 januari 2022. agar prestasi kota tomohon dalam pelaporan LHKPN yang dalam 4 tahun terakhir ini sudah baik, akan semakin baik di tahun 2022.

Pada apel perdana ini dirangkaikan juga dengan Pencanangan Tahun Kinerja, disiplin serta pengembangan kompetensi yang ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Tomohon, Wakil Walikota Tomohon, Ketua TP-PKK Kota Tomohon dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon

Dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas oleh Walikota Tomohon dengan Para Kepala Perangkat Daerah

Setelah apel perdana, Pemerintah Kota Tomohon melaksanakan ibadah perdana awal tahun baru yang dipimpin oleh Khadim Pdt. Jefry Kalalo, M.Th yg juga selaku Staf Khusus Walikota Tomohon

Hadir juga Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ibu drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. serta Para pejabat eselon 2, 3 dan 4 serta Para Lurah Se-Kota Tomohon.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed