by

Caroll, Ajak Petani Untuk Dapat Memanfaatkan Semua Program Pengembangan Pertanian

POSTKOTA.CO.ID –  Dalam rangka akselerasi inovasi teknologi jagung hibrida spesifik lingkungan pada kegiatan penelitian dan pengembangan ‘hilirisasi dan inovasi jagung hibrida Balitbangtan’ di dataran tinggi dan menengah Kota Tomohon, Kementerian Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara menggelar kegiatan panen raya, temu dan kunjungan lapangan kegiatan hilirisasi VUB (Varietas Unggul Baru) jagung hibrida, di kompleks perkebunan Wawo Kelurahan Matani Kecamatan Tomohon Tengah, sabtu (2/10/2021).

Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH saat membuka kegiatan tersebut mengatakan Pemerintah Kota Tomohon senantiasa berkomitmen untuk melakukan upaya swasembada pangan, hal ini dilakukan sebagai pijakan untuk mewujudkan kemandirian pangan. Untuk itu langkah pertama yang ditempuh adalah peningkatan produktivitas dengan penggunaan teknologi dan inovasi yang unggul.

Apresiasi yang tinggi kepada pihak
Balitsereal Kementerian Pertanian, Balai Penelitian pengembangan pertanian Balai pengkajian teknologi Sulawesi Utara atas dukungan dengan mengembangkan pertanian di Kota Tomohon seperti pengembangan teknologi jagung hibrida varietas unggul baru.

Kepada para petani di Kota Tomohon, Walikota Senduk mengajak untuk dapat memanfaatkan semua program kaitan pengembangan pertanian dari Pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI, sehingga dapat mengembangkan hasil-hasil pertanian.

Melalui panen raya ini tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani yang ada di kota Tomohon sehingga akan berkontribusi pada upaya bersama dalam menjaga stabilitas pangan apa lagi di masa pandemi covid 19. Kami berharap agar penelitian dan pengembangan hilirisasi dan inovasi jagung hibrida ini akan terus dilaksanakan dan dapat mendorong gerakan bakobong dalam rangka memanfaatkan lahan lahan tidur di tengah masyarakat hingga menjadi produktif untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

Kesempatan itu Walikota Tomohon ikut melakukaan proses pemanenan dan penanaman.
Tampak hadir Kepala Balitsereal Kementerian Pertanian
Dr. Muhammad Azrai,
Kadis Pertanian Provinsi Sulawesi Utara Novly Wowiling MSi,
Para kelompok tani, penyuluh dan petugas pengawas benih tanaman, bersama unsur terkait lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed