by

Hasil Survey IReS, CS-WL Diatas Awan

Indonesian Research and Survey (IReS) telah melakukan Survei dan Polling terkait dengan kontestasi Pilkada Kota Tomohon yang menampilkan tiga pasangan calon yang terdiri dari Pasangan Nomor 1 Jilly Gabriella Eman dan Virgie Baker, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut dengan Nomor Urut 2, dan Robert Pelealu dan Fransiskus Marselo Soekirno dengan nomor urut 3.


POLLING

Polling yang dilakukan oleh IReS berfokus pada kematangan berorganisasi, kematangan bersosial, kematangan bermasyarakat, kematangan berbisnis, dan kematangan berpolitik.

Hasil polling IReS menyimpulkan bahwa dari seluruh pasangan calon yang disurvey berdasarkan kategori kematangan berorganisasi diperoleh hasil bahwa pasangan Caroll Senduk memiliki nilai 48,89 % menyatakan sangat baik dalam berorganisasi, jika dibandingkan calon lain seperti pasangan Jilly G Eman yang hasilnya 49,46 % menjawab kurang matang dalam berorganisasi, sedangkan pasangan Robert Pelealu terdapat 30,46 % cenderung menjawab kurang matang dalam berorganisasi.

Terkait dengan kematangan bermasyarakat, ternyata dari hasil survey diperoleh jawaban dari semua calon bahwa pasangan Caroll Senduk 48,89 % menyatakan sangat baik dalam kematangan berorganisasi. Selanjutnya pasangan Robert Pelealu 40,69 % jawabannya kurang matang dalam bermasyarakat atau bersosial, serta pasangan Jilly G Eman responden yang menjawab sebesar 54,89 % kurang mampu dalam bermasyarakat.

Selanjutnya dalam kegiatan berbisnis ternyata pasangan Jilly G Eman yang sebenarnya berangkat dari keluarga pengusaha justru memberi jawaban 45,05 % kurang matang dalam berbisnis. Sedangkan Pasangan Caroll Senduk mendapatkan jawaban 73,06 % menyatakan matang dalam berbisnis. Selain itu, pasangan Robert Pelealu kematangan berbisnisnya sebesar 34,75 % menyatakan buruk.

Terkait dengan kematangan berpolitik, pasangan Robert Pelealu justru mendapatkan jawaban 37,14 % buruk dalam berpolitik, Sedangkan pasangan Caroll Senduk mendapatkan jawaban sebesar 62,61 % matang dalam berpolitik. Dari data yang kami peroleh, hal ini dapat dilihat dalam keterlibatannya dalam kepengurusan partai politik sebagai ketua PDIP Kota Tomohon serta sebagai anggota legislatif kota Tomohon dua periode. Sedangkan pasangan Jilly G Eman mendapatkan jawaban 47,57 % menyatakan kurang matang dalam berpolitik.

Jika dibandingkan dengan seluruh pasangan calon, maka pasangan calon Caroll Senduk memiliki keunggulan paling besar dibandingkan dengan pasangan calon lainnya. Dari semua kategori yang menjadi fokus dalam survey ini menunjukan bahwa pasangan Caroll Senduk dapat dinyatakan sebagai pasangan yang sudah memiliki pengalaman dan matang dalam berbisnis, bermasyarakat dan berpolitik.


SURVEI

Terkait dengan kontestasi pilkada kota Tomohon, jika pemilihan kepala daerah dilaksanakan besok hari, maka pasangan calon Caroll Senduk akan menjadi pemenang, jika para pendukung secara objetif melihat rekan jejak dari semua pasangan calon tersebut diatas.

Namun, jika melihat kecenderungan yang ada pada dasarnya masyarakat kota Tomohon lebih memberikan apresiasi kepada pasangan calon Caroll Senduk, sehingga faktor penunjang untuk memenangkan pasangan Caroll Senduk dalam pilkada kota Tomohon harus menjadi perhatian utama.

Survey ini hanyalah rujukan bagi masyarakat kota Tomohon untuk lebih objektif melihat calon-calon yang bertarung di kota Tomohon, sekaligus memberikan pelajaran politik bagi masyarakat untuk lebih rasional dalam memilih calon berdasarkan hasil survei.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed